Jangan hanya mengaji tiga.

Pada salah satu pengajian yang bertema SUKOHARJO BERSHOLAWAT dan BERDZIKIR. Gus Karim di beri amanah oleh Habib Syech untuk mengisi pengajian, karena Habib Syech persiapan ke jakarta untuk Oprasi. Gus Karim adalah pengasuh pondok pesantren Al Qur`anny Solo.
dalam menyampaikan pengajian itu, Gus karim memberikan ceramah kepada jama`ah.
"sedulur... Jangan mengaji agama itu cuma tiga, hanya tiga,, dengan jeda sebentar jama`ah dibuat penasaran. lalu Gus Karim melanjutkannya, " Masa jadi orang islam ngajinya cuma 3.hanya tiga tok. Syi`rik, Bid`ah, Dholalah. hanya tiga, Syirik, bid`ah, dholalah, ya bisa stres... memang yang mengaji hanya tiga itu orang stres.. kata tersebut di iringi tawa jamaah.... ingat pesan Gus Dur, " Ojo Mung Ngaji Syari`at Bloko, Gur pinter ndongeng nulis lan moco, tembe mburine bakal sangsoro...
selanjutnya Gus Karim bercerita, bahwa ada di akhirat ada dua orang yang akan masuk sorga. yang pertama namanya siDul, yang kedua namanya Fulan bin Fulan. siDUL adalah orang yang suka sholawatan, yasinan, ziaroh, Tahlilan, malantunkan kitab Al Barjanji dll. dan si Fulan bin Fulan adalah orang yang menentang amalan yang dilakukan siDUL.
lalu keduanya disuruh malaikat masuk shorga, tapi siDUL protes kepada Malaikat.
SiDul : wahai malaikat.. saya tidak setuju jika saya dimasukan ke shorga bareng bersama orang ini.
Malaikat : lohh kenapa...... masuk shorga kok nda mau..

siDUL : memang saya dengan dia beragama muslim, dia sholat, saya juga sholat, dia puasa, aku juga puasa, di zakat aku juga zakat, dia haji, aku juga haji..... tetapi aku melakukan amalan sholawatan, yasinan, ziaroh, Tahlilan, malantunkan kitab Al Barjanji dll dia tidak, dia menentang.. bahkan menganggap aku kafir. kalau saya dimasukan ke shorga bersama dia... owh.. tidak bisa, nehi nehi nehi....
malaikat : terus mau kamu apa
siDUL : aku masuk shorga duluan... selanjutnya dia.
malaikat : kelah kalo begitu..


ketika siDUL mesuk shorga.. ia langsung menutup pintu shorga..
lalu fulan bin fulan protes.
Fulan bin Fulan : hai DUL... woooy... kok pintunya di tutup... aku ingin masuk...
siDUL : owh tidak bisa.. nehi nehi nehi... sampean ingin masuk shorga .....?
Fulan bin Fulan : ya jelas lah............
siDUL : sana kamu sholawatan dulu, minta berkah pada Kanjeng Nabi dulu, yasinan dulu, tahlilan dulu....


lalu fulan bin fulan mencari kanjeng Nabi sambil membaca sholawat, karena ia tak pernah sholawatan, maka ia hanya membaca muhammad Sholallohu `alaihi wasalam.
lalu ia menemukan Kanjeng Nabi. ya nabi.. saya minta berkah, dan mohon ijinkan saya masuk shorga.
lalu kanjeng nabi bicara : kamu kan dulu yang menentang amalan sholawatan, yasinan, ziaroh, Tahlilan, malantunkan kitab Al Barjanji dll. kenapa kamu sekarang begitu. sya tidak masuk shorga karena pintu shorga di ttutup oleh orang yyang waktu di dunia mengamalkan sholawatan, yasinan, ziaroh, Tahlilan, malantunkan kitab Al Barjanji dll.
Kanjeng Nabi : owh kalau begitu kamu sholawatan, yasinan, ziaroh, Tahlilan, malantunkan kitab Al Barjanji dulu.. kalau sudah baru masuk shorga.. tapi menunggu orang orang yang waktu di dunia mengamalkan sholawatan, yasinan, ziaroh, Tahlilan, malantunkan kitab Al Barjanji dll. kamu musuk terahir...
fulan bin fulan : Tobat... tobat.. aku nada mengamalkan sholawatan, yasinan, ziaroh, Tahlilan, malantunkan kitab Al Barjanji dll.


selesainya bercerita... jama`ah tertawa terbahak bahak.


lalu Gus Karim berpesan. pengajian bid`ah, sholawatan bid`ah, ziaroh kubur syirik. mau jadi apa kita... yah itu lah kalau ngaji cuma tiga. syirik, bid`ah, dholalah.....