Ngeses Kang.....

Ditengah rapat pesantren.. dalam suasana yang serius namun santai.seorang ustad senior kebetulan duduk bersebelahan dengan ustad muda dari madura
sang ustad senior tersenyum seraya menawarkan bungkus rokok ditangannya kepada ustad muda itu." panjenengan ngeses mas?",kata ustad senior."billahi mboten!!! ",jawab ustad muda sambil tiba-tiba wajahnya kelihatan geram.sontak para u...stad lain disekelilingnya menoleh dan bertanya ada apa? Kok tiba-tiba marah?.
"saya dituduh kentut,masa rapat kok kentut… emang saya gak punya adab? " .jawab ustad muda dari madura dengan menahan geram. " saya kan tadi cuman nawarin rokok? saya bilang... njenengan ngeses mas? ,apa saya salah? ". ujar ustad senior dengan wajah masih penuh tanda tanya.
"hahahaha... memang beda bahasa.. ngeses itu bahasa jawa kromo,maksudnya kamu merokok? tapi disangka nuduh kentut karna bunyi kentut adalah sessss... dan dikira ngeses adalah bahasa jawa halus dari kentut ,hahahaha", kata ustad2 lain sambil tertawa.rupanya ustad madura kurang menguasai bahasa jawa halus.
"oh,maaf ustad saya emang belum bisa bhs jawa...maaf", spontan ustad madura itu meminta maaf...