cara diet ala pesantren

Seorang santri bertanya pada kiainya � kenapa Pak Kiai badan kami tidak ada yang kegemukan atau terkena penyakit akibat kelebihan lemak makanan. Sebaliknya malah kurang, sudah begitu makan kok masih terus disuruh diet, apakah tidak akan semakin kurus dan membahayakan kesehatan para santri�.
�Saya tahu betul kondisi kalian, karena kondisi saya sendiri juga begitu, tetapi saya menganjurkan kalian agar terus diet, agar kalian bisa bertahan belajar di pesantren ini, tanpa harus memberatkan orang tua kalian yang miskin-miskin itu�
�Tapi kan tidak haus diet Kiai, kita kan tidak kelebihan lemak?�
�Oh ya saya lupa menjelaskan saya menganjurkan kalian diet itu agar segala pengeluaran terutama untuk makanan itu  (diperhitungkan) jangan boros agar bekal bisa cukup sebulan. itu tho maksudnya ?Kalau gitu ya oke saja kiai !� (Breg)