Ushollinya seorang yang was was

di sebuah masjid jami,dilangsungkan salat maghrib secara berjamaah.bertindak sebagai imam salat,seorang tokoh agama setempat yang bernama usman.
ketika semuanya telah siap.shaf-shaf juga telah tertata rapi,usman memulai meminpin salat berjamaah itu.dan diantara makmun peserta sholat itu,tersebutlah seseorang bernama fulan yang di kenal memiliki sifat was-was.secara kebetulan, fulan berdiri tepat di belakang usman.
''jadi,ushalli-nya si fulan ini tidak sekali jadi gitu lho.ushalli fardhan al-maghribi ma'muman,ma'muman,ma'muman.ini sampai berulang-ulang dan suara nya lumayan keras,'' tutur pak Hasyim.
karena berada tepat di belakang nya,usman yang mendengar ulah fulan ini jengah dan mangkel (marah)karena merasa di ledek.''ma'mumman-ma'muuman ini dikiranya 'mak mu man' ( ibumu man ),'' lanjut Pak Hasyim.
merasa tidak tahan lagi dengan ulah si fulan,''akhirnya,pak usman ini memalingkan kepala nya ke belakang dan berucap,'mak mu dewe' (ibumu sendiri),'' .(sumber:Indonesia Ha..ha..,kisah jenaka H.A Hasyim Muzadi.)-alf-