Akal-akalan seorang santri

Di pesantren Bahrul Ulum Jombang ada sebuah peraturan yang melarang para santri menonton bioskop. Untuk menjaga agar peraturan tersebut berjalan dengan baik, ditugaskanlah seorang satpam untuk menjaga pintu gerbang. Jika pada malam hari ada santri yang baru balik ke pesantren, kata Cak Fu yang mantan santri di pesantren ini, satpam akan langsung memeriksa apakah santri itu abis nonton bioskop atau bukan.
Namun, bukan anak muda jika tidak punya banyak akal. Untuk memenuhi hobi nonton bioskop, seorang santri pada hari Jum'at sore minta ijin mau pulang ke rumah orang tuanya di Kediri. Jum'at sore kebetulan tidak ada pelajaran, alias bebas. Begitu bis memasuki kota Kediri dan mendekati rumahnya, dia berhenti, pas di depan gedung bioskop. Sang santri pun nonton film, apapun judulnya, yang sedang diputar saat itu.
Setelah nonton, dia tidak kemudian pulang ke rumah orang tuanya, tetapi kembali ke pesantren. Apa mau dikata, sesampainya di pintu gerbang, malam sudah menukik di angka 11. "Habis nonton bioskop ya," tanya satpam. "Ndak pak. Baru pulang ke rumah orang tua. Ini buktinya." Selembar karcis bus Kediri-Jombang pun diperlihatkan oleh santri itu. (sumber ;website anekdot.ismailfahmi.org/alf)