Lama Tak Ketemu


Saya bertemu Kang Jajang, salah seorang menantu KH Ilyas Ruhiyat, pengasuh Pondok Pesantren Cipasung, Tasikmalaya, Jawa Barat. Kami ngobrol tentang keadaan pesantren; mulai jumlah santri hingga kegiatan. Juga kabar kesehatan ajengan-ajengan pengajar.

Kemudian saya tanya khusus kabar kang Acep Zamzam Noor, putra tertua Kiai Ilyas, yang penyair dan pelukis itu.

“Bagaimana kabar Kang Acep?“ tanya saya.

“Sudah lama nggak ketemu,” jawabnya.

Saya berpikir beberapa saat, dan mengingat kembali pertanyaan yang diajukan? Saya yakin, yang ditanyakan adalah kesehatannya, bukan intensitas pertemuan.

“Sudah lama nggak ketemu, artinya dia sehat-sehat saja. Kalau sakit, pasti ketemu saya. Saya kan dokter,” jelas Kang Jajang

Memang, adik ipar Kang Acep ini berprofesi sebagai dokter.


Abdullah Alawi