Pidato Kog Menidurkan!


Saat menyampaikan ceramahnya pada acara seminar yang dilaksanakan oleh Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) di Jakarta (25/11) KH Said Aqil Siradj (Kang Said) banyak bercerita tentang dakwah yang damai dan menyejukkan seperti dicontohkan Wali Songo.
Seperti biasa, Kang Said bercerita dengan sangat apik, suara yang ringan namun menggelegar dan hafalannya yang kuat membuat para anggota MMI tersihir. Padahal sebelumnya mereka sudah dibakar semangatnya oleh sang komandan Abu Bakar Ba'asyir dan rekan sepemikiran Ismail Yusanto dari Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Kang Said bercerita secara historis bahwa dakwah di Indonesia dengan jalan kekerasan selalu gagal.
Karena khawatir dengan keadaan itu maka salah seorang peserta yang bernama Abu Jibril tidak mau tinggal diam. "Pak Said ini kalau pidato sangat menyejukkan, bahkan bisa bikin kita tidur, padahal Rasul itu kalau pidato bikin umat Islam bangkit," katanya dan langsung disambut teriakan "Allahu akbar" oleh para anggota MMI.
Kang Said menjawab, "Wah saya ini hanya bercerita, kalu percaya ya sudah kalau tidak ya tidak apa-apa." Para anggota MMI tidak bisa berkata apa-apa lagi. Salah seorang anggota menggerutu. "Orang ini pinter tapi kog keblinger ya!" katanya kepada teman di sampingnya, tapi ia tidak berani bicara di forum.
Nah sayangnya, Kang Said bukan Gus Dur. Para anggota MMI mengaku merasa ingin tidur ketika ada Kiai dari NU berpidato, alias dikendorkan semangat juangnya yang terlalu keras itu. Kalau Gus Dur yang menanggapi mungkin malah akan bilang begini: "Ah... Kalau pengen tidur ya tidur aja..!" sambil mencontohkannya.